Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Busi Motor Cepat Mati ? Ini Lho 3 Penyebab Utamanya


Pojoksae.com - Kita semua sepakat jika busi merupakan komponen yang sangat riskan jika dibandingkan dengan seluruh komponen pengapian pada motor. Selain perlu perhatian secara khusus, busi juga harus di rawat jika tidak ingin motor anda mengalami mogok di jalan secara tiba - tiba.

Busi merupakan komponen yang berbentuk lonjong dan memiliki ukuran yang relatif kecil. Ukuran busi kurang lebih sebesar jari orang dewasa. Namun dari ukurannya yang kecil, busi mampu bertahan di suhu panas yang sangat tiinggi.

penyebab busi motor cepat mati

Busi memang di desain memiliki bahan yang sangat kuat menahan panas yang di timbulkan dari mesin motor dan dari api yang di percikan oleh busi itu sendiri.

Nah, dari sini kita bisa simpulkan bahwa busi memiliki peranan sangat penting pada motor meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil dan memiliki harga  yang relatif murah jika kita bandingkan dengan komponen - komponen lain pada sistem pengapian motor.

Lalu, bagaiman jika busi motor cepat mati ?

Jika hal ini terjadi pada busi motor bisa di pastikan bahwa ada yang salah pada motor kamu. Bahkan ketika kamu mencoba untuk mengganti busi dengan yang baru, namun dalam beberapa hari saja busi yang baru kamu  ganti tersebut sudah mati lagi.

Penyebab Busi Motor Cepat Mati

penyebab busi cepat mati

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang penyebab busi motor cepat mati. Sebaiknya kita berangan terlebih dahulu mengenai cara kerja busi itu sendiri.

Busi memiliki tempat khusus pada bagian kepala silinder. Satu ujung busi mengarah keluar, sedangkan satu ujung lain mengarah ke bagian dalam.

Ujung busi bagian luar berfungsi untuk mentransfer api dari koil melalui perantara cop busi, sedangkan ujung bagian dalam berfungsi untuk memercikan bunga api yang nantinya akan menjadi ledakan karena adanya kompresi pada mesin dan bahan bakar.

Langkah ini saya menyebutnya sebagai langkah pembakaran pada ruang bakar mesin motor. Dari sini kita memiliki sedikit gambaran mengenai cara kerja busi.

Artinya busi itu bersinggungan langsung dengan sistem pengapian, kompresi dan bahan bakar. Nah, bisa dipastikan bahwa penyebab busi motor cepat mati di akibakan ketiga hal tersebut.

Mari kita bahas satu persatu masalah yang mengakibatkan busi cepat mati.

Setelan Bahan Bakar yang Terlalu Boros

Pada kasus pertama ini sepertinya di khususkan untuk motor yang masih menggunakan teknologi karburator. Karena rasanya agak sedikit mustahil jika teknologi injeksi mengalami masalah ini.

Hal ini dikarenakan pada motor yang menggunakan teknologi injeksi memiliki setelan bahan bakar yang sangat presisi. Tentu hal berbeda jika pada karburator. Campuran bahan bakar dan udara harus di setel secara manual.

Maka dari itu kesalahan masih saja bisa terjadi, karena penyetelannya masih manual. Bisa saja terjadi kekeliruan ketika melakukan penyetelan pada karburator.

Bahan bakar yang terlalu boros tentu akan membuat kerja busi untuk membakar habis bahan bakar di ruang bakar tidak bisa berjalan dengan maksimal.

Bahan bakar yang terlalu boros akan meninggalkan banyak sisa dari bahan bakar yang tidak mampu di bakar oleh busi. Dan sisa dari bahan bakar ini akan menempel di elektroda busi dan akan menyebabkan elektroda busi mengalami konsleting dan hal inilah yang menyebabkan busi rusak atau mati.

Saya sarankan untuk mengecek bagian - bagian yang berfungsi untuk mengatur volume bahan bakar. Mulai dari spuyer, jarum skep, setelan anging serta volume bahan bakar yang di tampung di mangkuk karburator.

Jangan lupa juga untuk mengecek filter udara. Pastikan bahwa filter udara tidak terhambat oleh debu. Filter udara yang tersumbat kotoran akan membuat udara tidak bisa masuk, dan secara otomatis akan membuat campurannya lebih kaya akan bahan bakar ketimbang udaranya.

Sistem Pengapian Mengalami Masalah

Penyebab busi motor cepat mati selanjutnya adalah di karenakan sistem pengapian yang mengalami masalah. Permasalahan pada pengapian ini akan menyebabkan percikan api pada busi menjadi kecil.

Api yang kecil inilah sumber masalah yang menyebabkan busi motor cepat mati. Dengan tidak maksimalnya api yang keluar dari busi akan membuat sistem pembakaran pada ruang bakar kurang maksimal sehingga akan mengakibatkan bahan bakar yang ada di dalam ruang bakar tidak terbakar secara sempurna.

Kesalahan pada pengapian biasanya terletak pada komponen sistem pengapian mengalami kendala. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan pada komponen - komponen sistem pengapian sepeda motor.

Kompresi Bocor

Kompresi itu di desain agar tidak ada kebocoran sedikit pun. Jika kompresi bocor maka akan menyebabkan busi motor cepat mati.

Busi motor akan menjadi hitam basah, dan salah satu penyebab busi motor basah dan hitam di karenakan kompresi motor yang bocor.

Perlu pengecekan menggunakan alat pengukur kompresi atau jika anda tidak memiliki alat pengukur kompresi anda bisa melakukan pembongkaran pada bagian mesin (silinder dan kepala silinder).

Komponen - komponen yang perlu anda cek yang berkaitan dengan kompresi adalah piston, ring piston, klep serta seal klep.

Penjelasan diatas merupakan kejadian yang sering terjadi pada penyebab busi motor cepat mati. Semoga bisa sedikit membantu permasalahan motor anda.

Posting Komentar untuk "Busi Motor Cepat Mati ? Ini Lho 3 Penyebab Utamanya"

Berlangganan via Email