Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup, ini 6 Penyebabnya

Pojoksae.com - Di era sekarang kita di tuntut untuk memiliki mobilitas yang tinggi, hal ini dikarenakan tuntutan ekonomi dan kebutuhan yang sangat tinggi. Belum lagi gaya hidup yang semakin modern sehingga mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan jaman.

Nah, salah satu alat agar kita mempuyai mobilitas yang tinggi adalah kendaraan bermotor secara khusus penulis menyebut sepeda motor sebagai alat yang paling tepat agar anda memiliki mobilitas yang tinggi.

Salah satu alasannya tentu saja dikarenakan jalanan sudah penuh sesak, terutama bagi anda yang hidup di kota besar tentu tidak asing lagi dengan macet.

Bayangkan jika anda membawa mobil tentu saja akan menghambat perjalanan anda. Beda cerita jika anda membawa motor, menyelinap kanan kiri bukan lagi hal yang luar biasa di negara ini.

Bagaimana jika motor anda mengalami masalah seperti pengapian ada tapi motor susah hidup ? Tentu hal ini akan menggangu aktivitas dan tentu saja mengurangi mobilitas anda, bukan?

Fungsi Sistem Pengapian


Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup

Campuran udara dan bahan bakar dari karburator lalu mengarah atau di mampatkan ke dalam silinder kemudian dibakar oleh percikan bunga api dari busi.

Untuk bisa menghasilkan loncatan bunga api dari busi membutuhkan listrik bertegangan tinggi dan pembakaran bahan inilah yang disebut dengan sistem pengapian.

Sebuah motor tidak akan bisa menyala atau susah di hidupkan jika pengapian tidak berfungsi atau tidak normal. Meskipun tidak selalu demikian, karena memang laju motor bukan hanya ditentukan oleh sistem pengapian saja melainkan banyak sistem dan komponen lain yang saling bersinggungan.

Penyebab Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup


Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup

Sadarkah anda jika banyak pengendara motor akan langsung mengecek bagian pengapian jika motornya susah di hidupkan atau saat motor mogok.

Karena memang tidak bisa bisa dipungkiri jika permasalahan pada pengapian menjadi salah satu penyebab motor mogok atau tidak bisa di hidupkan. Seperti pengapian hilang atau pengapian kadang ada kadang tidak tentu akan membuat motor anda tidak bisa dimanfaatkan untuk mobilitas anda.

Itulah kenapa penulis mengatakan jika sistem pengapian merupakan komponen paling penting pada motor anda. Lalu bagaimana jika pengapian motor ada tapi motor susah di hidupkan ?

Berikut ini merupakan penyebab permasalahan pengapian motor ada tapi susah di hidupkan.

1. Tangki Bahan Bakar Terdapat Genangan Air


Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup

Tangki bahan bakar bertujuan untuk menyimpan bahan bakar. Memiliki lubang yang di beri penutup yang bisa dibuka dan ditutup dengan maksud dan tujuan untuk mengisi bahan bakar.

Perlu anda ketahui jika tangki bahan bakar butuh tekanan udara dari luar agar bahan bakar bisa mengalir. Karena jika tangki bahan bakar tidak mendapatkan tekanan dari luar maka akan terjadi kevakuman sehingga mengakibatkan bahan bakar tidak bisa mengalir.

Namun sayangnya, lubang kecil atau rongga kecil yang ada pada penutup tangki ini bisa 'di manfaatkan' oleh air agar bisa masuk ke dalam tangki motor anda.

Biasanya hal ini terjadi ketika anda mencuci motor atau saat hujan lebat. Genangan air yang masuk kedalam tangki ini akan mengalir ke karburatro sehingga motor susah untuk di hidupkan.

Bahkan jika genangan air didalam tangki terlalu banyak, akan membuat bahan bakar tidak bisa mengalir. Karena sifat air yang lebih berat dari minyak, sehingga menutupi aliran bahan bakar ke karburator.

2. Tangki dan Selang Bensin Terdapat Kerak Atau Kotoran


Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup

Tangki motor terbuat dari besi sehingga bisa berkarat. Kerak atau karat ini akan jatuh dengan sendirinya karena efek getaran pada motor. Biasanya kerak atau karatan ini akan masuk ke selang bensin sehingga mengakibatkan aliran bensin atau bahan bakar dari tangki ke karburator terhambat.

Hal ini tentunya akan menggangu kinerja motor anda sehingga motor susah di hidupkan meskipun pengapian ada.

3. Karburator Bermasalah


Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup

Karburator memilik fungsi untuk mencampurkan bahan bakar dan udara lalu di mampatkan di silinder.

Permasalahan pada karburator biasanya diakibatkan terdapat genangan air atau terlalu banyak kotoran yang di simpan didalam mangkuk karburator.

Permasalahan ini masih ada kaitannya dengan penyebab nomor 1 dan 2 yang berimbas pada motor yang susah di hidupkan.

4. Cop Busi Rusak


Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup

Terdapat beberapa komponen pengapian yang menunjang kinerja sistem pengapian agar bisa memercikkan bunga api pada busi.

Nah, sebelum busi terdapat satu komponen penghubung antara kabel bertegangan tinggi dan busi yakni cop busi. Tujuan dari komponen ini adalah sebagai wadah bagi kabel besar dari coil.

Biasanya cop mengalami kerusakan pada bagian dalamnya terdapat kerak sehingga tidak mampu mengalirkan listrik dari kabel ke busi.

Selain itu, biasanya cop busi juga mengalami kebooran, sehingga percikan akan bocor kebagian bodi mesin. Kebocoran ini akan mengurangi tegangan listrik mengalir ke busi.

5. Filter Udara Kotor


Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup

Udara yang masuk ke karburator sebelumnya di saring oleh sebuah filter atau saringan udara. Saringan udara ini berfungsi agar debu atau kotoran dari luar tidak masuk ke karburator.

Jika motor tidak pernah di service, biasanya volume debu yang bada pada saringan udara menutupi pori-pori saringan udara sehingga udara dari luar tidak bisa ke karburator. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab pengapian ada tapi motor susah hidup.

6. Tekanan Bahan Bakar Kurang Maksimal / Fuel pump Lemah (Khusus Motor Injeksi)


Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup

Permasalahan terakhir yang menjadi penyebab pengapian ada tapi motor susah hidup adalah dikarenakan tekanan bahan bakar yang kurang maksimal.

Pada motor injeksi, aliran bahan bakar menggunakan sebuah pompa khusus yang disebut dengan fuel pump. fungsi fuel pump adalah mengaliurkan bahan bakar dari rangki motor ke injektor. Jika tekanan fuel pump melemah akan megakibatkan bahan bakar yang mengaklir ke injektor tidak maksimal.

Kesimpulan


Motor bisa di hidupkan dengan mudah jika bahan bakar dan sistem pengapian bekerja dengan maksimal. Jika pengapian ada tapi motor susah hidup tentu ada masalah pada bahan bakar seperti yang penulis sebutkan diatas.

Untuk menghindari permsalahan ini sebaiknya anda melakukan perawatan motor secara rutin tiap bulannya. Smeoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup, ini 6 Penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel